Monday, August 27, 2012

STOP MAKAN MIE INSTANT! BERBAHAYA! DAPAT MEMATIKAN.

Siapa sih yang gak tau Indomie? atau Supermie, Mie Sedap, Popmie, atau apalah merek jenis mie instan tersebut. Makanan instan saji ini begitu banyak dijual di mana-mana. Makanan ini tentu pernah kita konsumsi, bahkan bagi sebagian orang malah menjadi makanan rutin. Kebanyakan alasan orang mengkonsumsi makanan ini adalah karena praktis, mudah dan cepat disaji, hanya dengan merebusnya dengan air dalam waktu 3 menit sudah siap untuk dimakan.

Ada dua jenis kemasan mie instan yang umum kita temui di pasaran, ada yang menggunakan kemasan plastik ada juga yang menggunakan kemasan berbentuk gelas berbahan styrofoam (benda ini juga sangat berbahaya, nanti akan saya bahas di topik berikutnya). Di lingkungan kita, ibu-ibu sering membeli jenis makanan ini untuk dijadikan sarapan pagi pendukung atau mungkin sarapan utama bagi anak-anaknya. Rekan-rekan pencinta alampun kerap menjadikan makanan ini sebagai logistik standar saat mendaki gunung.

Dan kita juga sangat mudah membeli makanan ini dalam sajian yang sudah matang di warkop-warkop yang banyak menjamur di pinggir-pinggiran jalan di sekitar lingkungan kita, coba saja perhatikan. Biasanya warung tersebut malah banyak yang buka 24 jam, mengingat makan mie instan tersebut paling banyak dikonsumsi oleh orang pada malam hari karena memang praktis dan ringan untuk sekedar mengganjal perut akibat lapar saat begadang.


"Saya juga sempat kecanduan makan mie instan ini apalagi waktu jaman kuliah dulu, saat begadang mengerjakan tugas kuliah perut kadang keroncongan tepat tengah malam menjelang jam 'kecil'. Tanpa harus repot berfikir panjang, langsung beranjak menuju warkop yang tidak jauh dari kos-kosan tempat tinggal saya. Baru 3 menit duduk, semangkok Indomie rebus tambah telor sudah tersaji di depan mata. Ummmm mamia, maknyos....! aduk selama setengah menit untuk mencampur bumbunya plus saos merah yang merona (yang satu ini juga sangat berbahaya) sambil menunggu dingin lalu nyam, hanya 2 menit saja, mie tersebut sudah ada di lambung".

Tahukan anda, bahwa makanan simple tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Bahkan dapat menyebabkan KANKER? mematikan dong!?   
'Jreeeeeeeng!
"Betulkah demikian?"

Selain penyakit, dampak lainya dapat membuat otak menjadi bodoh alias lemot.
Upssss, oon dong?
Betul! karena makanan tersebut adalah makanan tanpa kandungan gizi yang baik.

Beruntung, setelah membaca sumber-sumber informasi dari beberapa tulisan yang menjelaskan dampak buruk dari mie instan tersebet,  akhirnya saya berhasil menghentikan kebiasaan memakan makanan mudah saji ini sejak 4 tahun lalu. Tanpa istilah menguranginya secara berangsur-angsur. Langsung, plek! lagi-lagi semudah membalikkan telapak tangan.


Kandungan Buruk Mie Instan
Di dalam mie instan terkandung bahan bernama Monosodium Glutamate (MSG). Biasanya MSG akrab disebut dengan nama lain vetsin atau michin. Bahan tersebut berfungsi sebagai zat penyedap rasa atau penambah rasa gurih bagi makanan.

Dibalik kenikmatan vetsin atau michin tersebut, disinyalir zat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia, terutama bagi kesehatan anak-anak. Apakah MSG itu ? MSG adalah garam natrium (sodium) dari asam glutamat (salah satu asam amino non-esensial penyusun protein). MSG umumnya dijual sebagai kristal halus berwarna putih, dan penampakannya mirip gula pasir atau garam dapur. Umumnya di pasaran produk penyedap ini bermerek Ajinomoto atau Sasa.

Glutamate adalah asam amino (amino acid) yang secara alami terdapat pada semua bahan makanan yang mengandung protein. Misalnya, keju, susu, daging, ikan dan sayuran. Glutamate juga diproduksi oleh tubuh manusia dan sangat diperlukan untuk metabolisme tubuh dan fungsi otak. Setiap orang rata-rata membutuhkan kurang lebih 11 gram Glutamate per hari yang didapat dari sumber protein alami.

Monosodium Glutamate adalah zat penambah rasa pada makanan yang dibuat dari hasil fermentasi zat tepung dan tetes dari gula beet atau gula tebu. MSG akan memberikan fungsi yang sama seperti Glutamate yaitu memberikan rasa sedap pada makananm, tepatnya rasa gurih. MSG sendiri terdiri dari air, sodium dan Glutamate.

MSG dibagi menjadi dua jenis, yakni alami dan buatan. MSG yang alami sehat untuk dikonsumsi. Sedangkan yang buatan, dan yang banyak beredar sangat berpotensi mendatangkan gangguan kesehatan. Jika digunakan secara berlebihan, MSG mempunyai efek negatif terhadap tubuh. 

Mengkonsumsi MSG sebanyak 12 gram per hari dapat menimbulkan gangguan lambung, gangguan tidur dan mual-mual. Bahkan beberapa orang ada yang mengalami reaksi alergi berupa gatal, mual dan panas. Bukan hanya itu saja MSG juga dapat memicu hipertensi, asma, kanker serta diabetes, kelumpuhan serta penurunan kecerdasan. 

Mengapa demikian? karena ternyata MSG sangat sulit dicerna oleh tubuh kita. Jika makanan sulit dicerna dapat menyebabkan kantuk. Sehingga membuat otak kita tidak gress. Dan kristalisasi MSG yang tak terurai di dalam tubuh tentunya menyebabkan kanker pada usus.   

Mie Instan berbahaya bagi janin, http://doktereva.blogspot.com/2009/06/bahaya-mie-instan-terhadap-balita-dan.html.

Lalu, tunggu apalagi?
mau nunggu sampai bego?
hehehe..........atau mau nunggu mati muda karena mengidap kanker usus?
Segeralah hentikan mengkonsumsi makan mie instan.
Gampang kok....!

Bagi rekan-rekan muda, kalau hanya sekedar untuk mengganjal perut saat lapar, ganti saja makanan tersebut dengan makanan ringan lain yang lebih bergizi. Misalnya makan roti, biskuit, sandwich, kue-kue basah dan segar, dll. Toh sudah banyak di sekitar kita mini market yang buka 24 jam yang menyajikan makan-makan lebih mengandung gizi.

Bagi ibu-ibu di rumah, segeralah hentikan memberi makanan ini untuk anak anda. Sebelum menjadi kebiasan buruk bagi anak anda nantinya. Lebih rajinlah memasak makanan bergizi demi kesehatan anak dan demi inteligensia anak anda. Tentu kita tidak ingin anak kita menjadi bodoh di sekolah di antara teman-temanya. Tidak ada ruginya toh, memasak? selain anda menjadi Ibu rumah tangga yang baik, kesehatan keluarga anda juga akan lebih terjaga.   

Selamat mencoba, kamu pasti bisa!
Jika anda berhasil, hubungi saya di @parto_bangun dan kabarkan ke keluarga dan sahabat anda

10 comments:

  1. Iya sangat bahaya banget saya ga mau lagi makan mie sedap.

    ReplyDelete
  2. iya, kalo gak saking terpaksanya gak akan saya makan mie instan.

    ReplyDelete
  3. iya, kalo gak saking terpaksanya aku gak akan makan mie instan.

    ReplyDelete
  4. Sy kecanduan, tiap hari konsumsi tp air mi sy ganti 3x

    ReplyDelete
  5. indomie goreng dobel telor ceplok stngah matang tiap pagi saya masih sehat2 saja kok

    ReplyDelete
  6. Sy sih mie ny dibuang. Bungkus ny yg direbus.

    ReplyDelete
  7. Sy sih mie ny dibuang. Bungkus ny yg direbus.

    ReplyDelete
  8. - Makan mie bisa bikin mati.
    - Tidak makan mie bisa juga mati.
    - Lebih baik makan mie sampai mati....
    heee...heeee.

    ReplyDelete